Pertanyaan Favorit mengenai Imunisasi DPT dan BCG

Tahun pertama kehidupan seorang bayi akan dipenuhi dengan kegiatan imunisasi. Tak heran jika muncul banyak pertanyaan seputar masalah ini. Berikut pertanyaan favorit para ibu baru yang dijawab oleh dr. Alan R. Tumbelaka, Sp.A(K) dari FKUI-RSUPNCM Jakarta.
SELUK BELUK IMUNISASI DPT

* Apakah jadwal imunisasi bayi prematur sama dengan anak lahir cukup bulan?
Seharusnya sama. Namun imunisasi baru bisa dimulai pada saat kondisi bayi prematur dianggap memadai untuk memberikan respons yang baik terhadap imunisasi.

* Bagaimana kondisi bayi prematur yang dianggap siap untuk diimunisasi?
Bukan tergantung pada usia saja, sebab berat badan (BB) juga menentukan. Bayi yang lahir normal cukup bulan bisa langsung divaksinasi, sementara bayi prematur harus menunggu waktu. Dengan imunisasi diharapkan tubuh bayi dapat terangsang untuk membuat suatu zat anti, akan tetapi bayi prematur seringkali belum mampu melakukannya. Untuk itu, diadakan penundaan imunisasi pertama sekitar 1-2 bulan, di mana usianya dianggap sudah hampir sama dengan bayi yang lahir cukup bulan. Selain itu, BB-nya sudah bagus, sekitar 3 kg. Tentunya, siap-tidaknya bayi prematur tersebut diimunisasi, tergantung pada pemeriksaan dokter sebelumnya.

* Biasanya imunisasi DPT menyebabkan demam. Mengapa bayi saya tidak?
Reaksi pada anak bisa bermacam-macam. Demam-tidaknya, ditentukan banyak faktor. Antara lain kondisi anak saat diimunisasi dan kondisi vaksin. Demam atau panas disebabkan suntikan P (Pertusis) yang merupakan kuman yang dilemahkan. Jika tubuh tak bereaksi terhadap kuman, berarti daya tahan tubuh kurang memadai. Jadi, dengan suntikan DPT memang diharapkan timbul reaksi panas/demam.

Kalau vaksinnya jelek, juga ada kemungkinan tak muncul reaksi panas. Dokter apalagi awam tentunya tak akan tahu apakah vaksinnya bagus atau tidak. Untuk menjamin vaksin yang berkualitas baik, dokter harus mendapatkannya dari jalur resmi dan juga prosedur penyimpanannya harus sesuai dengan ketentuan.

* Kalau anak tak demam, berarti imunisasi gagal?
Dalam usia setahun, imunisasi DPT dilakukan 3 kali, yaitu DPT I, II, dan III sebagai imunisasi dasar. Berhasil-tidaknya imunisasi itu tidak bisa dilihat dari sekali suntik saja, melainkan setelah 3 kali.

Lagi pula, tak ada vaksin yang bisa 100 persen melindungi atau menimbulkan kekebalan. DPT misalnya, punya daya lindung sekitar 80-90 persen. Jadi masih ada 10-20 persen yang tak terlindung. Di sisi lain, bukan berarti jika imunisasi DPT I tidak menimbulkan demam lalu harus segera diulang lagi. Pengulangan baru bisa dilakukan sekurang-kurangnya 1 tahun sejak pemberian terakhir DPT dasar. Jadi, tetap harus melewati tahap DPT II dan III dulu. Baru kemudian di usia antara 18 bulan sampai 2 tahun, diberi DPT IV. Lalu DPT V di usia 5 tahun.

Pengulangan imunisasi DPT diperlukan untuk memperbaiki daya tahan tubuh yang mungkin menurun setelah sekian lama. Karena itu mestii diperkuat lagi dengan pengulangan pemberian vaksin (booster).

Kalau sudah dilakukan 5 kali suntikan DPT, maka biasanya dianggap sudah cukup. Namun di usia 12 tahun, seorang anak biasanya mendapat lagi suntikan DT atau TT (tanpa P/Pertusis) di sekolahnya. Di atas usia 5 tahun, penyakit pertusis jarang sekali terjadi dan dianggap bukan masalah. Jadi, suntikan P tak perlu diberikan lagi.

* Adakah pengaruh buruk bila tak diberi vaksin DPT ulangan?
Tentu. Pada saat daya tahan tubuh menurun, kemungkinan terkena penyakit DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus) lebih besar.

* Berapa lama anak demam akibat imunisasi? Berapa kisaran suhu panasnya dan bagaimana mengatasinya?
Biasanya 1-2 hari. Malah kadang cuma sehari. Panas tubuh pada setiap anak tidak sama karena daya tahan masing-masing tubuhnya berbeda. Jadi, reaksinya berlainan dan sangat individual. Apalagi setelah suntikan pertama, ada yang sekadar hangat, ada juga yang panas tinggi. Kisarannya di atas suhu normal 37,5 derajat Celcius sampai 40 derajat Celcius. Mengatasinya dengan obat penurun panas yang takarannya sesuai usia dan BB anak.

* Bolehkah bayi tidak diberi imunisasi DPT? Apa pengaruhnya bagi anak?
Imunisasi DPT, Polio, Hepatitis, Campak dan BCG diwajibkan pemerintah lewat Program Pengembangan Imunisasi. Tujuannya untuk melindungi anak balita dari penyakit tersebut. Meski wajib, bayi diimunisasi atau tidak, tergantung pada orang tuanya. Seperti halnya asuransi, kalau mau ikut silakan, berarti ada perlindungan, kalau tidak, ya, tak ada jaminan perlindungan.

* Apakah anak harus diimunisasi dengan urutan yang benar? Apa alasannya?
Jelas harus. Karena itu dibuat urutan I hingga III. Ini berdasarkan angka seringnya kejadian penyakit tersebut di usia yang tertentu pula. Misalnya, vaksin DPT harus diberikan di usia 2, 3, dan 4 bulan, karena di usia itu penyakit sudah bisa berjangkit.

* Bagaimana kalau tidak sesuai jadwal?
Yang sesuai jadwal saja, tak bisa 100 persen melindungi anak. Misalnya, 3 kali suntikan imunisasi DPT, hanya bisa memberi perlindungan 90 persen. Jadi, kalau hanya sekali saja dilakukan dan yang selebihnya tertunda, efek perlindungannya pun semakin kecil. Mungkin hanya 30 persen saja. Alhasil, kemungkinan terkena penyakitnya jadi cukup besar.Jadi, imunisasi tetap harus diberi sesuai jadwal. Tak ada istilah hangus.

* Ibu yang pernah mengalami kejang di masa kecilnya, benarkah bayinya hanya diimunisasi DT saja tanpa P (Pertusis) Mengapa?
Sebetulnya, bila dulu ibu pernah kejang demam, anaknya belum tentu mengalami hal sama. Dengan kata lain, walau kemungkinan itu selalu ada, selama si anak terbukti tak pernah kejang, suntikan DPT tetap bisa diberikan. Kalau tidak, ia tak kebal pertusis.

Lain hal jika anak pernah mengalami kejang karena demam. Ia hanya akan diberi suntikan DT atau DPT yang vaksin Pertusisnya tidak menimbulkan demam. Namanya P Acelular. Bayi yang pernah kejang akan kembali kejang jika diberi vaksin DPT yang vaksin P-nya utuh atau bisa menimbulkan panas. Risikonya tentu saja tidak kecil. Kejang yang berlangsung lama bisa merusak otaknya.

SELUK-BELUK IMUNISASI BCG

* Apa ciri keberhasilan imunisasi BCG?
Suntikan BCG yang benar adalah yang ditanam di kulit, tidak dalam, dan tidak masuk ke otot seperti halnya suntikan DPT. Setelah disuntik, permukaan kulit yang menjadi lokasi suntikan akan melendung/membengkak karena suntikannya menyusur kulit itu.

Dua bulan kemudian, di bekas suntikan tersebut terjadi luka kecil yang melendung dan kadang bernanah. Itu pertanda bahwa vaksin BCG-nya “jadi” dan luka itu nantinya akan mengering menjadi bentol kecil. Jadi, ciri imunisasi BCG yang berhasil ada dua, yaitu kulit yang melendung jika penyuntikan dilakukan dengan benar dan terjadinya luka kecil dua bulan kemudian jika vaksinnya mencapai sasaran.

Sesuai konsensus nasional, agar mudah dilihat apakah seorang anak pernah atau belum diimunisasi BCG, maka suntikan ini umumnya dilakukan di lengan atas sebelah kanan.

* Apa artinya bila suntikan BCG tidak berbekas?
Mungkin kualitas vaksinnya tak bagus atau tubuh anak tak bereaksi. Pada anak yang mengalami kurang gizi, suntikan BCG ini tak akan “jadi” karena daya tahan tubuhnya kurang bagus. Anak yang kurang gizi biasanya tak akan memberi reaksi terhadap vaksinasi apa pun. Agar berhasil, vaksinasi hanya bisa diberikan pada anak dengan daya tahan tubuh baik. Kalau gizi atau daya tahan tubuhnya jelek, maka tubuhnya tak mampu membuat zat-zat tertentu yang dibutuhkan untuk membuat zat anti.

* Haruskah vaksinasi diulang dan kapan sebaiknya dilakukan?
Pengulangan memang perlu tapi tak perlu dilakukan saat itu juga. Idealnya, harus dilakukan tes Mantoux dulu setelah 2 bulan. Tes ini akan menunjukkan apakah tubuh sudah membentuk zat antinya atau belum. Kalau hasilnya positif dan besarnya sudah mencapai 10 ml atau 1 cm, berarti sudah ada zat antinya. Namun jika lebih dari 15 ml, berarti yang terbentuk adalah penyakit TBC-nya. Bila hasilnya negatif, berarti tubuh tak membuat zat anti sama sekali. Berarti vaksinasi yang diberikan gagal dan harus diulang. Kapan waktunya, akan diatur oleh dokter.

* Apa akibatnya bila bayi mendapat imunisasi BCG pada usia 3 bulan lebih?
Penyakit tuberkulosis sebetulnya mempunyai masa inkubasi sekitar 2 bulan atau 6-8 minggu. Jadi kalau imunisasi baru diberikan setelah umurnya lewat 2 bulan, jangan-jangan dia sudah terkena kuman tuberkulosis itu. Entah ditularkan orang tua atau lingkungannya. Maka itu, suntikan BCG akan lebih baik jika diberikan lebih awal sebelum usia bayi 2 bulan.

* Bayi yang akan diimunisasi BCG pada usia lebih dari 3-4 bulan, apakah harus dites Mantoux dulu untuk memastikan ia belum terkena TBC?
Idealnya begitu. Namun tes Mantoux relatif mahal. Akibatnya, kadang-kadang di puskesmas, suntikan BCG akan langsung diberikan walaupun usia bayi sudah lewat dari 3 bulan. Kalau misalnya dilakukan tes mantoux dan hasilnya positif TBC, maka suntikan BCG tak perlu diberikan. Tinggal penyakitnya itu saja yang diobati. Setelah sembuh dari TBC, tubuh yang bersangkutan akan membuat zat anti dan kemungkinan besar tidak akan terkena lagi.

* Katanya ada bayi yang kena TBC kulit akibat imunisasi BCG. Ada juga yang di dada kanannya tumbuh jaringan lain. Mengapa bisa demikian?
Kalau cara menyuntiknya salah, hal itu bisa terjadi. Suntikan yang terlalu dalam bisa menimbulkan reaksi berupa TBC kulit. Kadang, vaksin/kuman masuk ke kelenjar di dada sehingga terjadi pembesaran. Untuk mengatasinya, kadang harus dilakukan pengangkatan kelenjar dengan tindakan operasi.

* Apakah suntikan BCG selalu disertai dengan benjolan di ketiak?
Tidak selalu. Benjolan di ketiak bisa terjadi kalau vaksin BCG masuk ke kelenjar melalui cara penyuntikan yang salah. Kalau menyuntiknya benar belum tentu benjolan terjadi. Itulah bahayanya kalau salah menyuntik. Anak malah terinfeksi TBC karena vaksin BCG sebetulnya merupakan kuman yang dilemahkan.

Apakah bayi yang sudah mendapat imunisasi BCG masih mungkin tertular TBC? Mengapa?
Ya, karena tak ada satu pun vaksinasi yang dapat menjamin perlindungan seutuhnya. Namun, kalau anak terkena penyakit, hal itu sebetulnya sama dengan mendapat vaksinasi. Hanya saja, vaksinasi adalah kuman yang diberikan secara sengaja agar muncul zat anti dari tubuh. Sementara sakit disebabkan oleh kuman yang didapat dengan sendirinya.  

Dedeh Kurniasih.

Sumber :  Milist Nakita

About these ads

69 responses

  1. [...] Bunda? – Kumpulan artikel dunia ibu dan anak Imunisasi Wajib March 12, 2009Pertanyaan Favorit mengenai Imunisasi DPT dan BCG March 12, 2009Resep MPASI 6 Bulan February 6, 2009Sudahkah Pendengaran Bayi Bunda di-screening? [...]

  2. hehe.. byk membantu,,, apalagi yg ngjawab dr.Alan..

    thx..

  3. apa efek ke depan bila dilakukan imunisasi BCG 2 kali, Pada imunisasi pertama sdh ada bekas suntikan.

    BunDit :
    Kalau anakku BCG diulang karena imunisasi pertama tidak ada bekas suntikan. Kalau sudah ada kemudian diulang, saya belum pernah menemukan referensinya mbak. Silakan konsul ke DSA. Thanks :-)

  4. saya mw tanya..
    misal anak premature dengan BB kurang dari 2 kg..
    untuk imunisasi BCG,
    yang paling tepat itu, menunggu berat badannya sampai > 2kg atau menunggu si bayi premature sampai waktu kelahiran normalnya?
    terima kasih..
    =)

    BunDit :
    Waduh..saya bukan DSA nih. Sebaiknya tanyakan ke DSA untuk konsultasi mengenai imunisasi. Thanks :-)

  5. apa resiko akalau anak tidak di suntik bcg

    BunDit :
    Imunisasi BCG untuk mencegah terjangkitnya penyakit TBC :-)

  6. bolehkah BCG umur 3 bulan

    BunDit :
    Sesuai di artikel, idealnya dilakukan 2 bulan kemungkinan di test mantoux dulu. Silakan konsultasi dengan DSA. Thanks :-)

  7. anak saya sudah disuntik BCG pada waktu umurnya kurang dari 1 bulan.dan skr suntikannya sudah “jadi”.padahal umurnya masih 46 hari.gpp yah?

    BunDit :
    Setahu saya jadwal imunisasi BCG memang dibawah usia 1 bulan. Bagus lah Bun kalau BCGnya “jadi”. Semoga babynya selalu sehat ya :-)

  8. bantu aku ya..??

    Anakku yg no.2 blm sempat imunisasi DPT III, kira2 itu berbahaya gak ya buat dia nantinya. Sekarang usianya sdh 35bln, klo mau disuntik ulang mst 3x lagi ato hny 2x lagi ya? Thx..

    BunDit :
    Wah, kalau imunisasi yang telat begini saya kurang faham mam. Lebih baik langsung tanya ke DSA atau join di milist sehat, di sana ada dokter yang bisa ditanyai. Maaf belum bisa membantu.

  9. oya, anakku itu juga sering bgt sakit. Mulai dari diare, panas tinggi (sampai 42drjt). Aku jadi takut neh, kuatir dgn kesehatan anakku. Aku bnr2 lalai n lupa sekali dgn jadwal imunisasinya kala itu..

    BunDit :
    Sebaiknya memang konsul langsung ke DSA bagaimana sebaiknya. Semoga anak ibu selalu sehat :-)

  10. Esi Suryani, Siak,Riau

    anakku sekarang beumur 4 bulan,,udah dapet Vaksin DPT II, saya cemas demamnya tinggi,,emang sih demam itu berarti vaksin yang diberikan bereaksi,,tapi aku cemas maklum anak pertama…selain diberi obat penurun panas,apakah dengan kompres hangat tambah aik?????

    BunDit :
    Pengalaman saya memang mengkompress dg air hangat saat anak demam akan membuat anak merasa nyaman. Apalagi kalau terus diberi ASI, anak akan cepat pulih :-)

  11. Vivi, Medan, SUMUT

    Thx banget buat semua info nya. Saya mau tanya…. sekarang kan ada 2 macam imunisasi DPT… yang panas dan tidak panas…. sebenarnya apa bedanya ya???…. kenapa yang panas harganya lebih murah daripada yang tidak panas yang harganya sekitar 500rb…. dan dikatakan didalam harga tersebut DPT sudah lengkap…. apa bayi perlu mendapat suntikan DPT lengkap dengan antik radang otak sekalian???…. karena dikatakan di dalam DPT yang diambil seharga 500rb itu udah lengkap dengan anti radang otak…. ada efek samping ngak??… terus apa fungsinya???… jika kalo tidak ambil lengap dengan anti radang otak bisa ngak????…. tolong di jawab ya…. thx banget….

    BuNDit :
    Bedanya ya efek setelah imunisasi aja mam. Tapi tergantung ketahanan tubuh anak. Saya dengar dari cerita temen saya, meski dikasih yang panas, anak yang mengkonsumsi ASI biasanya cuma anget sebentar. Setahu saya kalau DPT itu hanya untuk memberi kekebalan difteri, tetanus, dan pertusis. Sedang radang selaput otak ditangkal dg imunisasi HiB. Biasanya DPT dan HiB dilakukan secara combo (sekali suntik). Untuk jelasnya silakan konsul langsung ke DSA :-)

  12. kemain anak saya baru IMUNISASI BCG,POLIO 1 banyak yang bilang kalau suntik BCG kondisi anak akan panas tapi anak saya tidak cuman anget sebentar,,apa itu pengaruh sama kekebalan tubuhnya??…kemarin juga suntik DPT,apa tidak ada pengaruhnya soalnya anak saya baru berusia 1 bulan 1 minggu??

    Silakan konsultasikan ke DSA atau ditanyakan ke dokter di milist sehat. Thanks.

  13. pada umur berapa bulan kah anak paling lambat mendapatkan imunisasi dpt 3

    Silakan konsultasikan ke DSA atau ditanyakan ke dokter di milist sehat. Thanks.

  14. 1. Apakah perlu DPT tahap II untuk umur anak 18 bulan, sedangkan imunisasi yang wajib untuk anak dari 1 bln s/d 9 bulan sudah lengkap diberikan
    2. Untuk imunisasi DPT diberikan berapa kali ?

    Silakan konsultasikan ke DSA atau ditanyakan ke dokter di milist sehat. Dan silakan baca artikel mengenai imunisasi DPT. Thanks.

  15. Anak saya kls 1 SD umur 6th. Barusan diadakan imunisasi di sekolahan,dan badannya jadi demam. Yg saya tanyakan itu imunisasi apa ya? Trs untuk apa? Trims

    Kalau dilihat di jadwal imunisasi, anak umur 6 tahun mendapat ulangan imunisasi Campak :-)

  16. Alhamdulillahirobbil Alamiiiin,,,,bayi saya udah mulai naik suhu badannya,,,berarti berhasil dong DPT nya, iya kan Dok????

    Silakan konsultasikan ke DSA atau ditanyakan ke dokter di milist sehat. Thanks.

  17. Saya juga mau tanya Dok,,,seputar Imunisasi Radang Otak ( HIB ) apa fungsi dan kegunaannya?? dan ada efek samping nya enggak Dok??

    Silakan baca artikel http://tahukahbunda.wordpress.com/2010/05/19/imunisasi-yang-dianjurkan/.

  18. bayi saya dl pernah saya imunisasi dpt I di rumah sakit, trs bulan depannya sy imunisasi di bidan, ternyata waktu imunisasi di bidan d suntik dpt I lagi, jadi skrg umur 4 bulan baru dpt II, apakah tidak apa-apa bila imunisasi dpt I di berikan 2 kali? apakah ada efeknya terhadap bayi saya? terima kasih.

    Silakan konsultasikan ke DSA atau ditanyakan ke dokter di milist sehat. Thanks.

  19. bayi saya mo umur 3 bln tanggal 3 desember..sampai skarang blm diimunisasi DPT…soalnya kemarin2 sakit,mencret n demam…apakah tidak apa2 imunisasi DPTnya telat??

    Silakan konsultasikan ke DSA atau ditanyakan ke dokter di milist sehat. Thanks.

  20. Anak saya umurnya januari 2011 nanti pas 3 tahun……. imunisasinya ada yg belum yaitu DPT IV dan Polio IV, apakah boleh imunisasi DPT IV dan Polio IV diusianya yang sekarang ini, terima kasih?

  21. Dok, anak saya di suntik bcg sdh dr bυĽαη juni ’10. Tp sampai skr (jan ’11) msh bernanah terus (berulang). Apakah ada kelainan pd anak saya? Bisakah dokter menjelaskan, krn saya sdh tanya ke bbrp dokter jwbnnya berbeda2. Saya jd bingung, ada yg blg tdk apa2, ada yg blg hrsnya tdk begitu. Mohon penjelasan dokter, terima kasih.

  22. dok.. anak saya umur 3 thn, diulang imunisasi BCG, krn yg awal tdk berbekas. sebelumnya sudah test mantoux, hasilnya negatif.
    Tapi sudah satu bln semenjak di imunisasi, dia masih mengeluh sakit di area bekas suntikan & bengkaknya belum hilang.
    Sama dgn ibu mely, sya sdh tanya2.. tapi jawabannya beda2.
    setelah sya baca tentang TBC kulit.. saya jd khawatir.
    Mohon penjelasan & jawabannya..
    terimakasih.

  23. dok knapa ya suntikan BCG harus di suntikkan di lengan kanan, apakah tidak boleh di suntik di lengan kiri???

  24. betty muhizar

    anakku sudah imunisasi Hepatitis 1&2,pada umur 8 bulan imunisasi DPT Combo II dan umur 9 bulan imunisasi DPT Combo III. berarti anakku sudah diimunisasi Hepatitis B sebanyak 4 kali karena DPT Combo sudah termasuk Hepatitis B. Apakah berbahaya kalau imunisasi Hepatitisnya kebanyakan seperti kasus saya diatas. mohon jawabannya, terima kasih

  25. anak saya sudah ikut imunisasi 2 kali. dan saya tidak ingin melanjutkan yang ke 3 apakah ada efek sampingnya ? cz saya kasihan pada anak saya kalo di suntik cz pasti nangis terus …

  26. apakah bayi yang tidak lengkap imunisasinya sampai selesai akan ada efek sampingnya ….

  27. Dok anak as usianya 9 bulan, sampai skrng blom diimunisasi BCG, karena dulu waktu usia 2 bln bidannya tdk datang, waktu sy bawa pindah tempat tinggal ditempat yg baru bidannya tdk mau mengimunisasi. ahkirnya sy bawa ke dokter dan sy test mountox hasilnya negatif. tp tdk jadi sy BCG kan karena ada bbrapa pendapat yg membuat sy ragu. trus solusinya gmn dok..alhmdulilah sampai skrng
    tdk ada masalah dgn kesehatannya..trimakasih.

  28. anak saya baru 2 minggu udah di Imunisasi BCG pertma, kira2 bahaya gak? Thax..

  29. terimakasih ya atas infonya

  30. anak saya diberikan dpt I dingin apakah untuk DPT II dan III harus yang dingin juga? Thx

  31. dok suntik HBO itu untuk mencegah penyakit apa???

  32. Dok, anak saya umurnya 2,5 bln. Dan hari ini akan diimunisasi DPT tetapi saat ini anak saya tsb sedang demam, apakah imunisasinya tetap bisa diberikan atau harus ditunda dulu?

  33. Dok, Apa ada pengaruh kalau pernah imunisasi polio dan hepatitis B yang bagus maksudnya g anget trus d kasih imunisasi lain yang biasa? terima kasih informasinya

  34. kenapa stiap hbs imun dpt selalu diare?sdh 2x kejadiannya pd anak saya dan kponakan saya.knp ya dok?tlg dijelaskan.trmaksh.sbgai catatn pd wkt imun kondisi anak sehat.

  35. sy jg ragu dg hsl suntikan BCG pd anak sy,krn sptnya tllu dalam.bgmna itu dok klw penyuntikan nya tllu dlm?

  36. tadi pagi anak saya baru dapet vaksin DPT, kawatir panasnya tinggi banget

  37. anak saya skrg usia 9 bln, waktu suntik DPT I, II dan III tidak demam karena waktu suntik saya minta ama DSA nya suntik DPT yang tidak demam, memang harganya lumayan mahal dibanding suntik DPT biasa, kira2 bahaya ga ya suntik DPT yg tdk demam tsb?alhamdulillah anakku sampe skrg sehat

  38. anak saya dari umur 2bulan sampai 4bulan setiap bulan nya dia di imunisasi benar apa tidak ya….
    karena kata istriku harus setiap bulan di imunisasi…
    karena saya ada di luar kota jadi saya tidak pernah tau
    apakah betul imunisasi itu harga nya Rp.300.000
    mohon jawabanya…………?

  39. Anak saya baru berumur 7 bulan, suntik DPT 1 dan 2 saya ambil yang tidak panas dan demam, kira-kira untuk DPT 3 boleh tidak ya saat dia berumur 8 bulan? sebelumnya terimakasih untuk jawabannya ….

  40. anak saya berumur 6 bulan, setelah suntik DPT 3 di paha sebelah kanan. bekas suntikan menjadi biru dan bengkak… sudah di kompres pakai air hangat kuku tapi bengkak tidak hilang sudah berlangsung hampir 2 bulan
    bagaimana solusi nya agar bengkak hilang???? dan apa bahaya untuk perkembangan kesehatan baby saya???terima kasih

  41. saya mau tax neh kenapa imunisasi DT itu di berikan pada anak usia 6 tahun?

  42. Saya ko’ ragu2 atas suntikan BCG virdy jadi atau tidak. Virdy sudah berumur 2 bulan lebih . Kalo boleh tau pemeriksaan mountox adanya dimana dan biayanya berapa? Thnx..

  43. Lengkap sekali penjelasannya mengenai imunisasi BCG,
    semoga bermanfaat untuk kita semua

  44. makasih ya… atas info yang di berikan, cukup bermanfaat untuk membantu ujian saya.

  45. dokter Alan, anak saya sekarang berumur 4 tahun sudah sekolah PG. di awal kelahiran sudah imunisasi BCG dan sudah berhasil. Tapi beberapa hari ini, ada benjolan bengkak seperti bernanah di bekas suntikan BCG nya. apa itu berbahaya dok? kondisi saat ini, anak nsaya sedang batuk berdahak. kira2 kenapa ya dok?

  46. Dok..sampe brp bln benjolan bekas suntikan bcg akan hilang??karna anak perempuan sy sampe skr blm hilang benjolannya,umur baby sy 3bln krg 6hari..dan itu tdk akan apa”..T̶̲̥̅̊ЄƦǏṁ̭̥̈̅̄Ƌǩǎs̶̲̥̅̊ɪ̣̇ђ dok

  47. Bermanfaat banget infonya bunda,,
    Aq bundanya aurelia umur 2 bln,,dari sejak hamil aq ngikutin blog bundit terus loh,,alhamdulillah bermanfaat,,

    betta bundanya aurelia

  48. dok sayamau tanya anak saya di imunisasi DPT II bulan kemarin, dari pihak bidannya ada kesalahan pembacaan dalam kartu KMS sehausnya bulan ini masuk ke DPT III namun bidan salah, dia malah melakukan imunisasi DPT II lagi. kiranya hal ini berbahaya tidak?

  49. Sy mau tanya apa tidak ada efek jika imunisasi DPT diberikan lgsg pd bayi yg baru 2 hari lalu lahir..?

  50. Saya kurang mengerti dengan benjolan setelah mantoux,disebutkan 10ml-1cm sudah terbentuk antibodi dan kalau lebih dari 15 ml adalah virus tbc,bisa dijelaskan lagi,Dokter?

    Terima kasih

  51. bagaimana jika DPT I diberikan pada anak usia kurang dari 2 bulan ?
    apa dampaknya ?
    ,terima kasih

  52. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa pemberian vaksin hepatitis B untuk bayi laki-laki yang baru lahir mempunyai resiko lebih dari tiga kali lipat terkait dengan gangguan spektrum autisme.

    Abstrak penelitian diterbitkan pada September, 2009 pada jurnal Annals of Epidemiology. Di dalamnya, Carolyn Gallagher dan Melody Goodman dari Program Pasca Sarjana Kesehatan Masyarakat di Stony Brook University Medical Center, NY, menulis bahwa, “anak laki2 yang menerima vaksin hepatitis B pada bulan pertama kehidupannya mempunyai peluang 2,94 kali lebih besar terkena gangguan spektrum autisme dibandingkan anak laki-laki yang tidak divaksinasi. “Para penulis menggunakan sampel probabilitas yang diperoleh dari National Health Interview Survey (NHIS), AS, dataset antara 1997-2002 ..

    Kesimpulan menyatakan bahwa: “Temuan menunjukkan bahwa anak laki-laki AS yang divaksinasi dengan vaksin hepatitis B mempunyai risiko 3 kali lipat lebih besar terkena autisme; risiko terbesar untuk anak laki-laki non-kulit putih.”

  53. saya menemukan web seperti ini, jadi bingung saya, yang benar yang mana…. pernahkah docter2 di indo meneliti isi dari vaksin vaksin impor ini…

  54. anak sy sudah 8 bulan,tetapi bekas bcg nya masih merah.
    Sy lihat anak lain suntikannya dilengan,tp anak sy dipangkal lengan.apa itu tdk bahaya,apa tdk terkena tulang.
    Mohon jawabannya.th

  55. anak saya sekarang sudah 4th, setelah saya cek ternyata tidak ada bekas suntikan BCG. tindakan apa yang perlu dilakukan? tks asna

  56. Ass..
    Mengapa vaksin BCG cuma sekali dalam penyuntikannya?
    Trims

  57. sangat brmanfat

  58. Dr keponakan saya setelah di imunisasi DPT-HB 3, di pahanya bengkak keras gitu dari dalam sudah 1 minggu hari ini, sudah di kompres sementara lembek, tapi setelah itu bengkak disertai panas daerah bengkak-nya apa bermasalah Dr sampai ibunya tidak bisa tidur, bagaimana Dr apa yang harus dilakukan? tolong jawabannya ya Dr, terima kasih

  59. Berapa lama Bengkak pada Imunisasi DPT, Soal nya Baby saya sudah 1 Minggu d Imunisasi tapi bengkaknya belum Hilang…???????

  60. miaty manggalupang

    Dok,,apa ada pengaruh negatif buat bayi 5 bulan yang suntikan DPT II nya sudah 2 x dilakukan??

  61. Apakah setelah suntik DPT 3 x msh harus suntik DPT COMBO?

  62. bayi saya masih berusia 3 bulan, kebetulan sekarang berada di rumah neneknya
    pas jadwal imunisasinya, dibawa oleh neneknya di bidan dekat rumah
    ,pas kembali dari imun bekas suntikan masih membekas di paha. biasanya dikompres air hangat sudah kempes. ini sudah lewat dari seminggu masih bengkak. bagaimana cara mengatasinya ya dok, saya takut kalau terkena otot atau apa?

  63. Tlg tanya Dok… Anak saya usia 2th 8bln sdh mendpt DPT Combo V gpp y Dok? Awalnya kt mau Dpt combo 4 sesuai saran dokter kami, namun sth disuntik baruu diketahui oleh dokter tyt anak kami sdh suntik dpt combo 4 pd bln Mei 2012 diketahui dr catatan ibu dann anak. Namun terlanjur disuntik Dpt combo V yangg seharusnya dilakukan d usia prasekolah. Tlg infonya… Tks

  64. pagi dox ak mau tnya apakah sehabis di suntik BSG babynya g boleh kena air.tlng d bntu trmksh

  65. apa akibatnya jika bayi di imunisasi BCG 2x yaitu pada umur 1 bulan dan umur 2 bulan?tolong bantu jawab secepatnya trmksh

  66. Sy mw nanya, pada pemberian imunisasi terlebih dahulu menanyakan riwayat kejang.. kenapa harus seperti itu? Jika anak tersebut mempunyai riwayat kejang, apa anak tersebut tidak boleh mendapatkan imunisasi?

  67. Kalau dalam waktu setahun, ada anak yang tidak dikasih vaksin apapun, itu bisa dikasih vaksin untuk tahun berikutnya pada waktu lainnya, bisa/nggak Dok ?

  68. Anak sy umur 1bulan dpt BCG, tp pd saat itu disuntik dua kali krn katanya suntikan pertama tidak menggelembung,kemudian disuntik lagi baru menggelembung.apakah dibenarkan demikian? Mohon penjelasannya. Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: