Pertumbuhan dan Perawatan Gigi Anak

Merawat gigi anak ternyata gampang-gampang susah. Pengetahuan tentang pertumbuhan gigi bagi orangtua pun tak kalah penting.

Kerapian dan keindahan gigi seseorang tak bisa lepas dari faktor genetik. “Kalau orangtua punya gigi berantakan, umumnya gigi anak juga akan berantakan,” jelas Drg. Lita Darmawan dari Klinik Kharinta, Bintaro Jaya, Jakarta. Selain itu, faktor kebiasaan juga sering menjadikan tumbuhnya gigi tak bagus. Misalnya, anak masih nge-dot sampai besar, atau hobi mengisap jempol. “Cuma, sekarang memang banyak cara untuk memperbaiki posisi gigi.”

Pertumbuhan gigi sendiri dimulai dengan munculnya gigi susu sejak usia 2 bulan sampai 2 tahun. Jumlah gigi susu biasanya 20 buah, 10 gigi atas dan 10 gigi bawah. Pertumbuhan gigi susu dimulai dengan gigi seri bagian bawah, disusul gigi seri bagian atas. Selanjutnya, tumbuh gigi seri susu ke-2, baru kemudian tumbuh geraham susu di usia usia 8-9 bulan. Gigi susu yang terakhir tumbuh adalah gigi taring susu. “Semua gigi susu ini nantinya akan digantikan oleh gigi dewasa (gigi tetap), yang tumbuh mulai usia 6 12 tahun, meskipun terkadang lebih,” kata Lita.

Pertumbuhan gigi tetap biasanya diawali oleh gigi seri, baru kemudian geraham kecil. Jadi, sehabis gigi seri, dilanjutkan geraham kecil bawah, geraham kecil atas, baru kemudian taring. Selain itu, ada pula geraham tetap, yang tidak menggantikan gigi susu, yang mulai muncul di usia sekitar 6 tahun. “Ini yang oleh orang-orang sering disangka sebagai gigi susu, padahal sebetulnya gigi tetap. Akibatnya, di usia 8-9 tahun, geraham tetap ini umumnya sudah rusak. Padahal, kalau sudah rusak, tidak ada gigi yang menggantikan,” kata Lita.

Gigi yang tumbuh terakhir adalah gigi taring, biasanya di usia 9-12 tahun. Sering terjadi, rahang sempit, sehingga taring akhirnya tumbuh sebagai gingsul. “Ini karena tidak ada tempat lagi untuk taring tumbuh, ditambah adanya dorongan, akhirnya muncul gingsul,” jelas Lita. Orangtua sering menganggap gingsul sebagai sesuatu yang mengganggu, sehingga memutuskan untuk mencabutnya. Padahal, taring ini merupakan sudut estetik wajah seseorang. Kenapa? “Karena taring memiliki akar paling panjang, sehingga kalau dicabut, tulang wajah akan berubah karena kempot, sehingga sering jadi kelihatan lebih tua.” Kalau mau diperbaiki, yang dicabut biasanya geraham kecilnya, bukan taringnya.

TAK PUNYA GIGI TETAP
Bagaimana jika gigi susu anak sudah rusak sejak kecil? Sebaiknya jangan didiamkan. “Ingat, sumber kuman paling besar adalah di dalam mulut. Nah, kuman ini kemudian beredar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jadi, jika gigi anak rusak, misalnya berlubang, bisa jadi anak akan sering sariawan atau sering sakit,” lanjut Lita. Yang perlu diketahui, gigi berlubang ternyata bisa memicu timbulnya berbagai penyakit, dari kencing manis sampai jantung. Jadi, jika gigi susu anak rusak atau berlubang, paling tidak, usahakan agar tidak menjadi lebih parah. Kenapa? Karena kalau sampai rusaknya parah dan mengenai saraf, bisa-bisa timbul bengkak di gusi.

Kalau gigi tetap anak tumbuh tepat waktu, maka tindakan yang dilakukan adalah meminimalisir kerusakan gigi susu, toh sebentar lagi gigi tetapnya akan tumbuh. Tapi, kalau gigi tetap anak tumbuh tidak tepat waktu, misalnya baru tumbuh di usia 7 tahun, “Masak kita akan membiarkan anak sakit gigi terus sampai gigi tetapnya muncul? Ini tentu juga akan mempengaruhi aktivitas dan kecerdasan anak. Kalau anak sering sakit gigi dan tak mau makan, tentu ia jadi tak punya tenaga untuk beraktivitas dan berpikir. Anak pun cenderung rewel.”

Kehilangan gigi sejak dini juga bisa mengakibatkan gangguan bentuk atau pertumbuhan gigi yang lain. “Kalau gigi susu tanggal lebih dini, maka gigi tetap akan tumbuh tanpa guidance, sehingga bisa tumbuh seenaknya aja,” jelas Lita.

Yang juga harus diantisipasi adalah jika gigi tetap anak ternyata tak ada. “Terkadang, ada anak yang memang tidak memiliki gigi tetap. Misalnya, benih geraham tidak ada. Ini tentu akan berakibat fungsi pengunyahannya terganggu. Nah, kalau geraham susunya sudah rusak atau tanggal, berarti tidak ada penggantinya karena benih geraham tetapnya tidak ada.” Kalau ini diketahui sejak awal, geraham susu bisa dirawat dan dipertahankan supaya tetap ada. “Jadi nggak masalah sekalipun gigi tetap tidak ada.
Pasalnya, gigi susu akan tanggal atau goyah kalau memang hilang akarnya. Sementara akar gigi susu akan dimakan (di-absorpsi) oleh gigi tetap.”

Untuk memastikan apakah benih gigi tetap anak ada, satu-satunya jalan adalah dengan foto panoramik. “Ini bisa dilakukan di usia sekitar 5 tahun, di masa transisi dari gigi susu ke gigi tetap.”

PENTINGNYA FLUORIDE
Fluoride sangat penting untuk memperkuat enamel gigi, sehingga gigi tak gampang rusak. Fluoride bisa diberikan dalam bentuk gel atau pil. “Biasanya dimulai sejak anak berusia setahun atau dua tahun, dan diulang setahun kemudian,” jelas Lita. Di usia 2 tahun, biasanya gigi anak masih bagus, sehingga proses fluoridasi bisa maksimal.

Pasta gigi juga mengandung fluoride. “Tapi, biasanya anak nggak terlalu suka pasta gigi yang rasanya pahit. Mereka lebih suka pasta gigi yang memiliki rasa, misalnya rasa stroberi, orange, dan sebagainya. Padahal, kadar fluoride pasta gigi dengan rasa seperti itu biasanya sedikit.”

Sumber : http://www.tabloidnova.com

About these ads

18 responses

  1. donamario_loweng@yahoo.com

    anak saya usia 5 tahun, gigi atas nya pada rusak semua, apakah harus dicabut agar gigi barunya bisa tumbuh? atau apakah ada cara lain agar gigi baru anak saya dapat tumbuh lagi?

  2. anak saya usia 5 thn 10 bulan,gigi seri yg bagian atas nya sudah copot sejak 3-4 bulan yg lalu tapi sampai sekarang tidak ada pertanda akan tumbuh gigi baru pengganti. apakah gigi pengganti yang baru akan tumbuh karena sampai sekarang belum ada pertanda. demikian dan terima kasih mohon saran nya segera,di tunggu.terimakasih atas perhatian nya.

  3. anak saya umur 3,8 th, baru2 ini mengeluh gusi paling belakang sakit, apa mungkin akan tumbuh gigi geraham tetapnya? dan apakah pertumbuhan gigi geraham selalu menimbulkan sakit, tks

  4. anak saya usia 1 tahun 7 bulan hanya mempunyai gigi susu 8 buah ? kenapa ya kok belum tumbuh gigi yg lain. dia suka menghisap jempol makanya jg ga mau nasi masih bubur sampai sekarang ? tx’s

  5. anak saya berumur 10tahun gigi depannya ada 2 sompel/cobel dia kurang pede kalau tertawa jadi apakah gigi depan anak saya itu masih bisa tumbuh?

  6. selamat siang.
    ada yg mw saya tanyakan.
    di bag belakang gigi seri bagian bawah adik saya ada tumbuh 2 gigi baru lagi. apakah itu tidak bermasalah?
    sebagai informasi, adik saya berumur 5 tahun 6 bulan. giginya belum pernah putus dan tidak ada yg rusak.
    saya tidak tahu persis kapan gigi barunya itu tumbuh, karena ia sendiri tidak pernah merasa sakit gigi.
    tiba2 saja kemaren saya liat udah ada 2 gigi baru tepat di belakang gigi seri bawah dan ukurannya lebih besar dari gigi seri yg di depan.
    mohon bantuannya.
    terima kasih

  7. Saya berumur 12 tahun,gigi depan saya berlubang,terkadang sakit,saya ingin cabut gigi depan saya,hari ke berapa ya akan tumbuh lagi ?

  8. Anak saya umur 6 bln sudah tumbuh gigi, ada yang bilang kalau gigi tumbuh lebih cepat maka bisa berjalannya lebih lambat, apakah itu cuma mitos ?

  9. terimakasih sebelumnya atas tulisannya, sehingga menambah pengetahuan dan informasi bagi kita yang membacanya, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika minat silahkan singgah ke blog saya untuk saling silaturahmi. terimakasih

  10. ANAK SAYA UMUR 4,3 TAHUN. GIGI GRAHAMNYA BOLONG.SEBAIKNYA DI CABUT ATAU DI TAMBAL? KALAU DI CABUT TAR BISA TUMBUH GIGI BARU GA?

  11. anak saya umur 3 tahun,susah makan,mau nya makan permen terus dn akhir nya giginya pada rusaka,klau sudah besar bisa normal lgi ga ya giginya

  12. usia berapa sich jika gigi di cabut tidak tumbuh lagi, soalnya saya sering sakit gigi mau di cabut takut gak tumbuh lagi. mohon infonya

  13. anak saya umur 4 thn, giginya serinya atas bawah rusak, tapi tunggulnya ngak lepas, terus tumbuh gigi baru di atas gusinya, apakah bergantian gigi ini bisa bagus kembali? mohon penjelasannya. tq.

  14. anak saya punya kebiasaan setiap tidur ngedot, tiap malamnya hampir 5 kali bangun minta susu jg dg ngedot, klo tdk dak bs bobok. Jd gigi depannya yg 4 rusak semua.mohon penjelasan utk menghentikan kebiasaan ngedot……apakah posisi rahang gigi bs diperbaiki

  15. Norrmal gak ĶĿȏ gigi anak usia 1,3tahun hanya tumbuh 6 buah aja…?trs ĶĿȏ umur segitu dan giginya cm 6 buah blh gak tuh ϑϊ sikat giginya?

  16. Dok..anakku usia 2thn. Gigi seri atas patah setengah dan kelihatan gusinya saja. Kmudian sy liat lg trnyata gigi geraham sblh kanan bawah jg berlubang. Prtnyaan saya apakah gigi seri yg patah setengah itu bisa tumbuh? Dan apakah gigi gerahamnya bisa diperbaiki atau dirawat supaya kuat dan tidak mengganggu kesehatannya? Saya sangat khawatir dok. Mohon jawaban dr dokter. Terima kasih.

  17. Anak saya berumur 9 tahun kls 3 sd… Gigi serinya ginsun… Gerahangnya berlobang, gigi taringnya sudah mulai ada gejala berlobang…. Saya mau tanya ke rekan semua….. Bisakah gigi anak yg berlobang di cabut? Terima kasih.. Sob.

  18. nazlita febrina

    adik saya usia 1thn 10 bulan baru-baru ini dia jatuh dan gigi depanya satu copot, apakah gigi depan adik saya akan tumbuh sempurna? saat usianya 6thn? saat gigi tetapnya tumbuh, atau harus ada perawatan khusus agar gigi adik saya tumbuh sempurna, karena selama lebih kurang 4thn adik saya harus ompong dan saya tidak mau saat gigi adik saya tumbuh tidak sempurna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: