Tanda-tanda Bayi Siap Makan Padat

Tanda tanda bayi kita sudah siap mulai makan makanan padat adalah :

  1. Berat badan bayi sudah mencapai 2 kali berat lahir.
  2. Bayi sudah bisa duduk dengan disangga yang memungkinkan ia untuk maju ketika ia ingin makan dan mundur apabila ia menolak.
  3. Bayi sudah bisa mengontrol kepala dan lehernya, dan bisa menoleh ketika ia menolak makan.
  4. Bayi sudah berhenti menunjukan  “extrusion Reflex” dimana jika anda meletakan sendok pada mulutnya makanan yang ia masukkan keluar lagi dari mulutnya.
  5. Bayi  dapat memasukan sesuatu kemulutnya.
  6. Terlihat tertarik dengan orang yang makan disekitarnya.
  7. Mulai bangun dimalam hari setelah tidur nyenyaknya (ini bukan indikator terbaik untuk menandakan bayi anda siap diberi makanan padat).

Kapan  sih bisa di mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI)?

Menurut rekomendasi AAP, WHO dan WABA Bayi tidak membutuhkan makanan padat sampai ia berumur 6 bulan. Asupan yang optimal dan terbaik untuk bayi adalah ASI. Karena dengan ASI kebutuhan kalori dan nutrisi bayi akan terpenuhi dalam 6 bulan awal kehidupannya. Pada saat bayi berusia 6 bulan, pencernaannya sudah lebih siap untuk diberikan makanan padat.
Harap diingat, bayi biasanya mengalami Growth Sprut (Percepatan Pertumbuhan) pada usia 3 – 4 bulan. Biasanya  bayi mengalami peningkatan nafsu makan tapi bukan berarti ia butuh makanan padat. Solusinya adalah dengan menyusui lebih sering Dan biasanya 1 -2 minggu sudah kembali seperti biasa.

Kenapa pemberian makanan padat ditunda hingga usia 6 bulan?

  1. Bayi memiliki “Tounge  Thursting Reflex” dari lahir sampai ia berusia 4 – 6 bulan. Setiap makanan yang diletakan dimulutnya akan dimuntahkan kembali.
  2. Lebih awal memberikan makanan padat pada bayi dapat menyebabkan obesitas dikemudian hari.
  3. Lebih awal memberikan padat pada bayi dapat menimbulkan alergi dikemudian hari.
  4. Memberikan makanan padat pada bayi dapat mengurangi minat bayi pada payudara. Padahal sampai 12 bulan ASI adalah makanan utama untuk bayi sedangkan MPASI hanya merupakan tambahan.
  5. Keuntungan lain menunda pemberian makanan padat sampai bayi bisa menunjukan keinginannya akan makanan adalah bayi bisa berpatisipasi dan menikmati proses makan.

 

Sumber : AIMI-asi.org

3 responses

  1. […] Bunda? Tanda-tanda Bayi Siap Makan Padat December 18, 2008Tanda tanda bayi kita sudah siap mulai makan makanan padat adalah : Berat badan […]

  2. aq punya bayi usia 5 bulan,sebenarnya pengen memberinya asi eksklusif sampai 6 bulan, tapi karena aq kerja jadi asinya cuma sampai 4 bulan, itu pun ga full asi,
    sejak bayiku umur 1,5 bulan minumnya ditambah susu formula, bukannya aku ga mau memerah asi di kantor, tapi aku ga bisa ktemu bayiku tiap hari, aku kerja di jakarta, bayiku aku titipkan ortuku di kota malang, sedangkan suamiku kerja di surabaya, sampai saat ini aku selalu menyempatkan pulang ke malang setiap 1 atau 2 minggu skali, sampai umur 4 bulan bayiku msh mau minum asi, tapi bulan lalu dia sdh ga mau lagi,
    tau sendiri juga kan klo ibu bekerja cuma mendapat jatah cuti bersalin 3 bulan, sementara asi eksklusif paling tidak sampai 6 bulan,mungkin kalo pagi harinya ibu bekerja, terus sore bs ktemu bayinya tiap hari ga ada masalah memerah susu di kantor, kalo kasusnya seperti aku gimana dunk?
    mungkin pemerintah perlu memberi kebijakan atau memperbarui peraturan kalo cuti bersalin tidak hanya 6 bulan tapi bisa sampai 8 bulan 1-2 bulan untuk persiapan melahirkan sisanya untuk mengurus dan menyusui bayi…gimana dunk?

    Bundanya Dita :
    Wah..kalau untuk kasusnya mbak Diah, memang berat untuk memberi ASIX ke anak. Kalau secara pribadi sih, aku juga pengin tuh cuti melahirkan 8 bulan hehehe. Tapi kalau kaum ibu menyuarakan keinginan seperti itu, jangan-jangan malah nanti banyak perusahaan yang nantinya tidak mau menerima karyawan perempuan. Serba salah ya? Aku pernah baca, maternity leave paling lama di negara Hungaria yaitu 24 weeks (6 bulan).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: